Sabtu, 05 Desember 2009

Perintis Jalan Menuju Islam

Judul asli : Introduction of Islam

Penulis : Zahid Aziz

Penterjemah : Suyud Ahmad Syurayudha

Editor : Nanang RI Iskandar

Desain buku dan Cover: Erwan

Cetakan Pertama Dalam Bhs Inggris: 1993

Cetakan pertama dalam Bahasa Indonesia: Muharam 1428 H/Februari 2007

Diterbitkan oleh : Penerbit Darul Kutubil Islamiyah

Jl. Kesehatan IX No. 12 Jakarta Pusat 10160

Telp. 021-3844111

e-mail: Darkuti@gmail.com

Website: Indonesia: www.aaiil.org/indonesia

Internasional: www.muslim.org, www.aaiil.org

----------------------------------------------------

Kata Pengantar

Ada banyak permintaan dari generasi muda agar dapat diterbitkan buku untuk memperkenalkan Islam dalam bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Gerakan Ahmadiyah Lahore, lebih dari satu dekade, telah menghasilkan rangkaian karya ilmu hakiki yang meliputi berbagai aspek Islam, khususnya ditujukan untuk meluruskan salah pengertian yang sudah umum tentang Islam maupun menjawab segala keraguan dan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kalangan pikiran orang-orang modern perihal keimanan Islam. Karya-karya tulis tersebut disambut dan dinilai baik oleh kalangan luas demi mengisi kebutuhan zaman ini, baik pelajaran bagi kaum Muslimin sendiri maupun untuk menyajikan ajaran Islam kepada siapa saja.

Kadang-kadang sering dirasakan bahwa ilmu yang amat bermanfaat yang berisi karya lengkap itu harus diawali dengan perintisan dalam bentuk bahasa yang lebih sederhana agar bisa diterima oleh kalangan generasi muda. Oleh karena itu buku kecil ini disiapkan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Semua ajaran dasar dan praktik agama Islam diliput, ditambah dengan penjelasan mengenai Qur’an Suci, Hadits, dan ajaran akhlak Islam. Tidak menyajikan ilmu yang sudah ketinggalan. Buku ini menggunakan format tanya-jawab, dengan harapan, akan lebih menarik daripada pendekatan yang bersifat uraian, namun demikian sejauh mana sasaran ini bisa dicapai, hal ini tergantung pertimbangan pembaca kalangan muda. Juga buku ini saya susun sejelas mungkin dan mudah untuk dibaca. Banyak sekali kutipan-kutipan langsung dari ayat-ayat Qur’an Suci terdapat di dalam buku ini dengan referensi penuh. Dalam beberapa tempat ajaran Islam ditulis dengan teliti dalam kata-kata yang umum, tanpa langsung mengutip atau mengambil referensi khusus, karena hal-hal tersebut kiranya tak perlu dimasukkan dalam semacam buku perintis introduksi seperti ini.

Untuk membaca lebih lanjut dalam beberapa persoalan, atau untuk penjelasan lebih lengkap, tulisan Maulana Muhammad Ali, yang terdaftar di dalam buku kecil ini, perlu dibaca. Dalam beberapa hal, karena kemajuan ilmu pengetahuan di kalangan generasi muda, mereka dianjurkan untuk membaca buku standar tersebut.

Tulisan ini pertama-tama diusahakan untuk kalangan muda, sebenarnya masih banyak kesempatan untuk belajar terus demi kemajuan. Penerbit sangat berterima kasih untuk menerima komentar serta saran demi perbaikan buku kecil ini.

Zahid Aziz,

Nottingham,

Inggris

Agustus 1993.

Bagi yang berminat membaca bukunya, silakan download free ebook-nya DISINI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar